Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Pengertian dan Komponen Kurikulum Pendidikan Terbaru

tributomorboso - Artikel kali ini admin akan membahas Mengenal Pengertian dan Komponen Kurikulum Pendidikan Terbaru, semoga postingan ini mudah dipahami.

Kurikulum merupakan satuan sistem yang mengatur berbagai materi pelajaran yang nantinya akan diberikan kepada peserta didik. Tentu saja kurikulum sangat penting bagi guru untuk meningkatkan kompetensi, model pembelajaran, dan mengetahui bagaimana peserta didik dapat menyerap materi yang diajarkan. Saat ini ada tiga kurikulum yang digunakan mulai dari kurikulum 2013, kurikulum darurat, dan kurikulum merdeka yang mulai diterapkan.

Semua pilihan modul ajar tersebut dapat disesuaikan dengan sistem pembelajaran dan kesiapan dari setiap jenjang pendidikan. Berikut ini beberapa perkembangan dan komponen penting setiap kurikulum umum, Kurikulum 2013, dan komponen Kurikulum Merdeka Belajar.




Daftar Isi Sembunyikan

Pengertian Komponen Kurikulum

Apa saja Komponen Kurikulum?

Apa saja Komponen Kurikulum 2013?

Apa saja Komponen Kurikulum Merdeka Belajar?

1. Konstruktivisme

2. Inquiry (Menemukan)

3. Bertanya

4. Learning Community

5. Modeling

6. Refleksi

7. Authentic Assessment

Pengertian Komponen Kurikulum

Berdasarkan pengertiannya, kurikulum adalah salah satu komponen modul ajar yang disusun sedemikian rupa sebagai pedoman penilaian dalam pelaksanaan proses pendidikan di lembaga formal.




Bagi guru, kurikulum dianggap sebagai buku pedoman ketika melakukan proses belajar mengajar dan hal ini akan memudahkan Anda untuk menyampaikan materi pelajaran secara tepat.




Sedangkan, komponen kurikulum merupakan cakupan pembelajaran yang didasarkan pada suatu gagasan atau prinsip yang akan menjadi sandaran atau pegangan dalam mengembangkan suatu kurikulum.




Apa saja Komponen Kurikulum?

Menurut beberapa pakar pendidikan, komponen kurikulum dibagi dalam empat elemen seperti komponen tujuan, materi, strategi, dan evaluasi. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:




Komponen Tujuan

Pada komponen kurikulum bagian tujuan berhubungan dengan hasil yang diharapkan, sehingga fokus utama dari pembelajarannya adalah untuk mencapai ekspektasi tersebut. Dalam menerapkan komponen ini, tentu saja didukung oleh Undang-Undang (UU) No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




Dalam komponen tujuan ini dibagi lagi dalam tiga tingkatan, yakni tujuan pendidikan nasional yang membentuk organisasi pendidikan yang sifatnya otonom untuk melaksanakan inovasi hingga menghasilkan SDM yang tangguh.




Lalu, ada tujuan institusional yang tujuannya diberikan kepada siswa agar dapat menempuh dan penyelesaian studinya di lembaga pendidikan tertentu. Selanjutnya adda tujuan kurikuler yang merupakan penilian yang harrus dimiliiki peserta didik terhadap mata pelajaran tertentu.Intinya setiap peserta didik haruss mampu mengusai mata pelajaran yang diajarkan di lembaga pendidikan tersebut.




Terakhir ada tujuan khusus yang lebih jelas komponen nya mulai dari guru mempersiapkan materi pelajaran, kemudian menjelaskan, dan menilai secara keseluruhan baik dari kemampuan intelektual, sikap, dan keterampilan peserta didik.

Komponen Materi Pelajaran

Di sini semua materi isi kurikulum disusun berdasarkan topik-topik yang sudah ditentukan, mulai dari isi materi yang relevan atau menggambarkan pengetahuan terbaru. Selain itu, isi materinya berkaitan erat dengan kenyataan sosial supaya peserta didik lebih cepat paham. Materi harus seimbang dan disesuaikan dengan kemampuan dan pengalaman siswa. Selain itu materi harus sesuai kebutuhan dan minat peserta didik.




Sebagai pengajar, tentu Anda tidak ingin jika siswa tidak mampu menangkap semua materi pelajaran karena isinya yang susah dimengerti. Maka dari itu ketika menyusun isi materi Anda harus berpegang pada pedoman yang sudah dibuat.

Komponen Metode, Strategi dan Model Pembelajaran

Komponen strategi berhubungan dengan implementasi atau penerapan dari kurikulum. Bisa dikatakan bahwa komponen satu ini sangat penting dalam melakukan perencanaan kegiatan dan pembelajaran. Adapun strategi yang digunakan dalam pembelajaran yakni strategi ekspositori, strategi discovery, strategi grup, dan strategi individual.

Komponen Evaluasi

Komponen evaluasi digunakan untuk melihat nilai dan seberapa efektif pencapaian yang sudah didapatkan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Hasil evaluasi ini bisa jadi bahan pertimbangan apakah kurikulum tersebut perlu dipertahankan atau tidak.




Dengan evaluasi, akan diperoleh informasi akurat tentang penyelenggaraan pembelajaran, keberhasilan siswa, guru dan proses pembelajaran. Evaluasi kurikulum merupakan tahap akhir dari proses pengembangan kurikulum (Syarifudin, 2020).

Apa saja Komponen Kurikulum 2013?

Menurut pengertian Mulyasa, Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang konsepnya menekankan pada pengembangan karakter dan kemampuan melakukan tugas-tugas dengan standar performansi tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh siswa.




Kurikulum 2013 sudah berlaku sejak tahun 2013/2014 dan dijadikan modul nasional dalam kegiatan pembelajaran. Berikut ini, beberapa komponen yang dimiliki oleh Kurikulum 2013.




Tujuan Kurikulum

Tujuan kurikulum merupakan tujuan pendidikan nasional yang digunakan untuk mempersiapkan setiap orang di Indonesia agar memiliki kemampuan dan menghasilkan insan yang produktif, inovatif, afektif, dan kreatif lewat ilmu pengetahuan yang terintegrasi.

Materi Kurikulum

Sama seperti materi kurikulum pada umumnya, tujuan isi materi Kurikulum 2013 materi pelajaran yang sudah diterapkan guna mencapai tujuan pendidikan nasional.

Metode

Komponen metode Kurikulum 2013 merupakan langkah-langkah yang dilakukan pengajar dalam menyampaikan materi pelajaran.

Organisasi Kurikulum

Merupakan pembagian modul ajar dalam berbagai bentuk, mulai dari mata pelajaran yang terpisah, berkorelasi, fokus program kepada anak, bidang studi, inti masalah, dan elektrik program.

Evaluasi

Evaluasi merupakan penilaian tentang bagaimana penyelenggaran suatu pembelajaran, apakah bisa dikatakan berhasil atau tidak. Dari hasil evaluasi ini juga didapatkan informasi tentang kurikulum itu sendiri, cara pembelajaran, kesulitan apa yang dirasakan, dan upaya seperti apa yang akan dilakukan kedepannya.

Apa saja Komponen Kurikulum Merdeka Belajar?

Bagi sekolah yang sudah memilih modul ajar Merdeka Belajar, setiap guru harus mengetahui komponen dari Kurikulum Merdeka Belajar yang mengusung konsep Contextual Learning.




Implementasi kurikulum merdeka diberlakukan pada tahun ajaran 2022/2023 sebagai upaya mitigasi learning loss akibat Covid -19.




Perbedaan kurikulum merdeka dengan kurikulum 2013 bisa terlihat jelas dari kerangka dasar, tujuan kompetensi, komponen kurikulum, struktur kurikulum, pembeljaran, dan penilaian. Selain itu, kurikulum ini memiliki keunggulan dari segi materi esensial yang mendalam, kemerdekaan guru untuk mengajar, dan pembelajaran melalui kegiatan proyek.




Berikut ini beberapa komponen dalam kurikulum merdeka belajar seperti:




Pendekatan Pembelajaran

Dalam kultur pembelajaran, pendekatan yang digunakan adalah student centered approach dan teacher centered approach. Namun dalam prakteknya tetap berpusat pada siswa.

Strategi Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru dan murid agar efektif dan efisien. Dalam mengembangkan strategi pembelajaran ada dua pendekatan yang bisa dilakukan yakni exposition-discovery learning dan group-individual learning.

Metode Pembelajaran

Dalam mengimplementasi kegiatan pembelajaran, guru dapat menggunakan berbagai metode dalam pengajarannya seperti metode diskusi, brainstorming, debat, simposium dan sejenisnya dibandingkan metode ceramah.

Teknik dan Taktik Pembelajaran

Secara pengertian teknik pembelajaran adalah bagaimana cara guru menerapkan suatu metode secara spesifik. Sedangkan taktik merupakan gaya yang dilih guru untuk melaksanaka teknik pembelajaran yang sifatnya individual.

Setiap komponen di atas, pada akhirnya akan dievaluasi untuk mengetahui apakah kemampuan dan keterampilan yang diperoleh sudah sesuai dengan tujuan yang sudah ditentukan.




Selain itu, pembelajaran “Merdeka” diharapkan dapat mengimplementasikan konsep pengajaran yang kontekstual atau contextual teaching and learning (CTL). Adapun komponen CTL seperti:




1. Konstruktivisme

Komponen ini berkaitan dengan bagaimana cara siswa terlibat aktif dalam proses belajar megajar untuk mebangun sebuah pengetahuan yang ada. Pembelajaran ini semakin mudah dipahami oleh siswa apabila berhubungan dengan pengalaman dari peserta didik.




2. Inquiry (Menemukan)

Siswa mengalami proses pembelajaran yang awalnya hanya mengamati kini menjadi memahami dengan tujuan membantu siswa bisa berpikir lebih kritis dalam kegiatan pembelajaran. .




3. Bertanya

Di kurikulum merdeka belajar, peserta didik dibiasakan untuk selalu bertanya mengenai materi pelajaran yang dianggap kurang dimengerti sehingga guru atau pengajar dapat menjelaskan kembali secara mudah. Kegiatan bertanya ini tentu saja akan mendorong, membimbing dan menilai kemampuan berpikir siswa.




4. Learning Community

Proses komunikasi yang dilakukan dua arah yang tujuannya saling mendapatkan informasi.




5. Modeling

Jika biasanya guru dianggap sebagai role model dalam pembelajaran, kini di kurikulum merdeka peran guru sebagai fasilitator yang akan melibatkan peserta didik dalam kegiatan kemampuan/ pengetahuan yang dikuasainya.




6. Refleksi

Merupakan kegiatan untuk merenungkan kembali materi pelajaran apa yang sudah dipelajari atau aktivitas apa yang sudah dilakukan. Respon dari refleksi adalah kejadian, catatan, kesan, saran, dan sebagainya.




Siswa nantinya akan merefleksikan atau merenungkan apa yang sudah dipelajari. Kegiatan ini dilakukan dengan cara pernyataan langsung, catatan mengikuti kegiatan, kesan atau saran, dan masih banyak lagi.




7. Authentic Assessment

Proses pengumpulan nilai memang dilakukan oleh guru, namun di kurikulum ini proses pengumpulan data untuk menggambarkan perkembangan belajar juga bisa dilakukan oleh sesama peserta didik atau orang lain.

Demikian Tentang Mengenal Pengertian dan Komponen Kurikulum Pendidikan Terbaru


Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca Mengenal Pengertian dan Komponen Kurikulum Pendidikan Terbaru, Artikel ini sudah publish dengan link https://tributomorboso.blogspot.com/2023/02/mengenal-pengertian-dan-komponen.html. Jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar, Jangan lupa untuk share ke media sosial kalian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mengenal Pengertian dan Komponen Kurikulum Pendidikan Terbaru"